Sejarah Pembuatan Karpet Masjid Turki

Sejarah Karpet dari berbagai Negara termasuk karpet masjid turki dipengaruhi sejarah dan budaya islam dari seluruh dunia khususnya sejarah islam di negara turki

Al-Hijra Bandung

5/13/20242 min read

Sejarah Pembuatan Karpet Dunia

Karpet telah menjadi bagian penting dari budaya dan kehidupan manusia selama berabad-abad. Penggunaan dan pembuatan karpet mencerminkan perkembangan seni, teknologi, dan perdagangan di berbagai peradaban. Mari kita telusuri sejarah panjang dan menarik dari pembuatan karpet di dunia.

Awal Mula Pembuatan Karpet

Jejak tertua pembuatan karpet ditemukan di Siberia, Rusia, di situs arkeologi Pazyryk pada tahun 1949. Karpet Pazyryk, yang diperkirakan berasal dari abad ke-5 SM, menunjukkan teknik tenun yang sangat maju dan motif dekoratif yang kompleks, menunjukkan bahwa seni pembuatan karpet telah berkembang jauh sebelum periode ini.

Karpet di Peradaban Kuno

1. Mesopotamia dan Persia

- Mesopotamia dikenal sebagai salah satu peradaban pertama yang menghasilkan karpet. Bukti-bukti arkeologis dan catatan sejarah menunjukkan bahwa masyarakat Mesopotamia menggunakan karpet untuk keperluan praktis dan dekoratif.

- Persia, yang sekarang dikenal sebagai Iran, memainkan peran penting dalam sejarah karpet. Seni pembuatan karpet Persia mencapai puncaknya pada masa Kekaisaran Safawi (1501–1736 M). Karpet Persia terkenal dengan desainnya yang rumit, penggunaan warna yang kaya, dan kualitas yang luar biasa.

2. Mesir dan Timur Dekat

- Di Mesir kuno, karpet sering ditemukan di makam-makam sebagai simbol kekayaan dan status sosial. Karpet juga digunakan dalam upacara keagamaan dan dekorasi istana.

Perkembangan Karpet di Asia Tengah dan Timur

1. Asia Tengah

- Karpet dari wilayah Asia Tengah, termasuk Turkmenistan, Uzbekistan, dan Kazakhstan, dikenal dengan pola geometris yang khas dan penggunaan warna-warna cerah. Karpet Bukhara dari Uzbekistan dan karpet Turkmen terkenal karena keindahan dan daya tahannya.

2. China dan India

- Di China, pembuatan karpet mulai berkembang pada masa Dinasti Han (206 SM – 220 M). Karpet China sering kali menampilkan motif-motif simbolis dan elemen alam seperti bunga, hewan, dan naga.

- India juga memiliki tradisi panjang dalam pembuatan karpet, terutama sejak kedatangan Kekaisaran Mughal pada abad ke-16. Karpet Mughal terkenal karena perpaduan motif Persia dan India serta kualitas tenunan yang tinggi.

Pengaruh Islam dan Perkembangan di Eropa

1. Pengaruh Islam

- Penyebaran Islam membawa perubahan signifikan dalam seni pembuatan karpet. Di Timur Tengah dan Afrika Utara, karpet digunakan dalam ritual keagamaan dan sebagai penutup lantai di masjid-masjid.

- Karpet Anatolia dari Turki terkenal dengan desain yang dipengaruhi oleh seni Islam, termasuk penggunaan pola arabesque dan kaligrafi.

2. Perkembangan di Eropa

- Pada Abad Pertengahan, karpet dari Timur Tengah dan Asia menjadi barang dagangan berharga di Eropa. Karpet oriental dihargai tidak hanya karena keindahannya tetapi juga karena kemewahannya.

- Pada abad ke-17 dan ke-18, manufaktur karpet mulai berkembang di Eropa, terutama di Prancis dan Inggris. Pabrik-pabrik seperti Savonnerie dan Aubusson di Prancis menghasilkan karpet dengan gaya Baroque dan Rococo yang mewah.

Karpet Modern

Pada abad ke-19 dan ke-20, revolusi industri membawa perubahan besar dalam produksi karpet. Mesin tenun memungkinkan produksi massal dengan biaya lebih rendah, membuat karpet lebih terjangkau bagi masyarakat luas. Di sisi lain, seni pembuatan karpet tradisional tetap dihargai, dan karpet handmade dari negara-negara seperti Iran, India, dan Turki terus diminati karena kualitas dan keunikan mereka.

Kesimpulan

Sejarah pembuatan karpet adalah cerminan dari perkembangan budaya, teknologi, dan perdagangan di seluruh dunia. Dari Siberia kuno hingga pabrik-pabrik modern, karpet telah dan akan terus menjadi bagian integral dari kehidupan manusia, menghiasi rumah dan ruang publik dengan keindahan dan kehangatannya. Peninggalan dari masa lalu dan inovasi masa kini, karpet tetap menjadi simbol seni dan keterampilan yang tak ternilai.

#karpetmasjid

#pusatkarpetmasjid

#karpetturki

#sajadahmasjid